Senin, 05 Maret 2012

ASAL-USUL BUDAYA BATIK

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga dimasa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusifperempuan untuk menemukan "Batik Cap" yang memungkinkanmasuknya laki-laki ke lapangan. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulinseperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.
Tradisi batik pada mulanya merupakan tradisi untuk generasi, sehingga kadang-kadang batik motif dikenali berasal dari keluargatertentu. Beberapa motif batik bisa menunjukkan status seseorang.Bahkan saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai olehkeluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

 
(Pahlawan Wanita R.A. Kartini Dan suaminya memakai rok batik.Batik motif parang Yang dipakai Kartini adalah Pola untuk parabangsawan)

Cirebon batik bermotif laut makhluk Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia (Jawa) yangmasih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada duniaoleh Presiden Soeharto, yang waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar